PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) BERBASIS MUSHOLLA BINAAN LP3M UIT LIRBOYO KEDIRI

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) BERBASIS MUSHOLLA BINAAN LP3M UIT LIRBOYO KEDIRI
Juli 17, 2023 No Comments Berita dan Pengumuman lp3m

LP3M Newsroom_Kediri, Jum’at 30 Juni 2023. Musholla Roudlotul Abidin Pasar Bandar melaksanakan kegiatan Gebyar Idul Adha dan Do’a Bersama, Acara terselenggara atas inisiasi dan kerjasama Pengurus Musholla Adi Porwoto dengan Zainuri,. M.Pd. dan Syafik Ubaidilah. M.Pd.I. sebagai perwakilan Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LP3M UIT Lirboyo Kediri.

Selain kegiatan ini. Syafik juga menawarkan kepada pengurus musholla. Terkait beberapa program program pendampingan bagi usia lanjut. Baik dalam belajar membaca alquran maupun praktek ibadah sholat sehari hari.

Sumardjianto ketua panitia mengatakan, Serangkaian kegiatan gebyar idul adha diawali dengan khotmil qur’an jum’at pagi jam 06.00 sd 10.30. Dilanjutkan penyembelihan kambing hasil kerjasama bidang kesra Pemerintah Kota Kediri. Selain itu terdapat kerjasama dalam bentuk CSR bidang keagamaan dari PT. Gudang Garam Tbk. Khataman diikuti para Jama’ah Musholla dan mahasiswa dari beberapa program studi Universitas Islam Tribakti Lirboyo. Antok berharap kerjasama ini harus terus berlanjut dengan baik.

Pada malam harinya, pukul 19.30 setelah shalat isya, dilanjutkan dengan kegiatan pengajian umum yang di hadiri Oleh Agus H. Muhammad Wazid Husni,. SH. Pengasuh majlis rutinan selapanan sekolah arab dari Mojoroto. Dihadiri kurang lebih 100 Jamaah, baik dari jama’ah musholla maupun pedagang dan warga sekitar dan beberapa perwakilan staf dan kayawan PD. Pasar Bandar.

Acara diawali dengan tampilan group rebana arroudloh binaan pengurus musholla, menampilkan beberapa lagu, dilanjutkan dengan pembukaan acara, pembacaan alquran dan tahlil bersama yang dipimpin langsung oleh yai Sugianto.

Acara ini juga dihadiri bapak kepala kelurahan bandarlor. Wasis Tri Yuliantoko. S.Pd. dalam sambutanya mengatakan bahwa ia sangat mendukung kegiatan ini. harapanya kegiatan kegiatan keagamaan seperti ini harus terus di galakkan. Setelah lama kita terkena dampak pandemi Covid-19. tujuan diantaranya menciptakan suasana nyaman damai dan tenang di masyarakat. Hususnya di lingkungan pasar bandar umumnya di kelurahan Bandarlor.

Isi pengajian yang di sampaikan Gus Wazid, garis besar ada tiga. Yang pertama, bahwa kita wajib bersyukur terhadap apa yang sudah Allah berikan kepada kita. Dengan cara menggunakan kenikmatan tersebut dengan beribadah dan beramal sholeh. Kedua, menceritakan tentang hakekat berkorban dan sejarah berkorban di hari raya idul adha. Ketiga, keteladanan yang bisa kita lakukan dengan cara berkorban demi kemaslahatan generasi yang akan datang dengan cara memberikan pelajaran pelajaran agama yang baik bagi anak anak. Beranjak malam, acara ini di akhiri dengan doa bersama kemudian beramah tamah bersama seluruh pengunjung dengan menikmati masakan daging dari hasil penyembelihan.

Penulis : Syafik Ubaidilla

Editor : Mubaidi Sulaeman

ABOUT ATHOR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *