AL-MAWARDI DAN IBNU KHALDUN DI ANTARA PEMIKIR TEORI BELAJAR KONTEMPORER

AL-MAWARDI DAN IBNU KHALDUN DI ANTARA PEMIKIR TEORI BELAJAR KONTEMPORER
Maret 27, 2024 No Comments Penerbitan lp3m

Penulis : Muhammad Farid Asysyauqi & Zaenal Arifin
Editor : Mubaidi Sulaeman
Desain Sampul : Fitta Nurisma Riswandi
Layout : Mubaidi Sulaeman
Diterbitkan : Tribakti Press
ISBN : Dalam Proses

Cetakan pertama, Desember 2023
vii + 187 halaman, 15,5 x 23 cm

Harga: Rp. 76.000

Betapa pentingnya belajar dalam kehidupan manusia, baik secara teoritis maupun praktis, serta peran pentingnya dalam membentuk karakter dan keterampilan. Sejumlah teori belajar dari para ahli psikologi, seperti behavioristik, kognitivistik, konstruktivisme, dan humanistik, disoroti dalam konteks pendidikan. Namun, pendekatan belajar dalam pendidikan Islam menambah dimensi normatif-kualitatif diambil dari Al-Qur’an dan Sunnah. Menggabungkan pemikiran Ibnu Khaldun dan Al-Mawardi, buku ini mengusulkan bahwa pola belajar yang sesuai dengan pendekatan pendidikan Islam akan mencakup berbagai teori belajar yang ada, seperti behavioristik, kognitifistik, humanistik, konstruktivistik, dan sibernik, dengan orientasi pada kesejahteraan duniawi dan kebahagiaan ukhrawi. Buku ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana konstruksi pemikiran Ibnu Khaldun dan Al-Mawardi dapat membentuk pola belajar sesuai dengan pendekatan pendidikan Islam, serta implikasi dan aplikasinya dalam konteks pendidikan modern.

ABOUT ATHOR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *